TANAMAN TINGKAT TINGGI “RAFLESIA ARNOLDI

Rafflesia yang banyak dikenal masyarakat adalah jenis Raflesia Arnoldi. Jika ingin melihat bunga Raflesia Arnoldi yang telah menjadi ikon Kabupaten Kepahyang ini tidaklah dapat ditemukan di sembarangan tempat. Karena tanaman ini sangat sulit tumbuh. Tanaman ini hanya dapat tumbuh jika ada tanaman inangnya yaitu Family Liana Sp. Raflesia Arnoldi banyak tumbuh pada kawasan hutan primer yang belum mengalami pengolahan lahan. Bunga Raflesia Arnoldi tidak memiliki daun dan batang sehingga sulit juga untuk di kelaskan ke tanaman tingkat tinggi, namun Bunga Raflesia Arnoldi dapat dikatakan tanaman tinggi karena tanaman ini hanya memiliki bunga tapi dapat menghasilkan biji. Sebagai keturunan Bengkulu asli, saya sudah mengenal bunga Raflesia Arnoldi dengan baik dan juga menyaksikan disaat bunga ini mekar. Pada t penutup tahun 2007 bunga langka Raflesia Arnoldi mulai memasuki musim mekar.

Paling tidak ditemukan lima kuntum bunga tengah mekar di kawasan hutan lindung Register 5 Bukit Daun, Taba Penanjung, Bengkulu Utara, sekitar 52 km sebelah timur Kota Bengkulu. Lokasi mekar bunga ini ternyata berada persis di pinggir jalan nasional Bengkulu – Kepahiang – Curup – Lubuk Linggau. Sehingga banyak wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota yang berbondong – bondong mendokumentasikan mekarnya bunga langka ini. Bunga raksasa, Raflesia Arnoldi pertama kali ditemukan oleh Ilmuan berasal dari Inggris Thomas Stanford Raffles dan ahli botani Arnol pada tahun 1818 di kawasan hutan di Manna, wilayah Bengkulu Selata, sehingga bunga ini pun di beri nama Raflesia Arnoldi. Belakangan sejumlah kawasan hutan di Provinsi Bengkulu menjadi habitat alami tempat tumbuhnya bunga Raflesia Arnoldi. Bunga yang berukuran besar itu kini menjadi maskot pengembangan ekowisata di Provinsi Bengkulu.

<!–[if gte vml 1]> <![endif]–><!–[if !vml]–><!–[endif]–>Klasifikasi Raflesia Arnoldi berasal dari kerajaan Plantae dengan divisi magnoliophyta dan kelas magnoliopsida. Ordo dari Raflesia Arnoldi adalah Rafflesiales dengan famili Rafflesiaceae dan genus Rafflesia. Raflesia Arnoldi yang banyak dikenal masyarakat adalah jenis rafflesia arnoldii. Jenis ini hanya tumbuh di hutan sumatera bagian selatan, terutama Bengkulu. Satu tempat yang paling bagus dan mudah untuk menemukan bunga rafflesia arnoldii ini adalah di hutan sepanjang jalan Bengkulu-Curup setelah Kepahyang. Di Bengkulu sendiri, bunga rafflesia telah dijadikan sebagai motif utama batik besurek (batik khas Bengkulu) sejak lama.
Secara umum Ciri khas yang membedakan
Raflesia Arnoldi dengan bunga bangkai yaitu bentuk kelopaknya yang lebar tapi tidak meninggi dan berwarna merah. Pada saat Raflesia Arnoldi mekar, diameter bunga ini bisa mencapai ± 1 meter dan tinggi ± 50 cm. Raflesia Arnoldi tidak memiliki akar, tangkai, maupun daun. Bunganya memiliki 5 kelopak . Pada dasar bunga yang berbentuk gentong terdapat benang sari atau putik, tergantung jenis kelamin bunga. Keberadaan putik dan benang sari yang tidak dalam satu rumah membuat presentase pembuahan kecil karena membutuhkan bantuan dari luar ( serangga, angin, air, dan manusia ), hal ini disebabkan belum tentu dua bunga berbeda kelamin tumbuh dalam waktu bersamaan di tempat yang berdekatan. Masa pertumbuhan bunga ini memakan waktu sampai 9 bulan, tetapi masa mekarnya hanya ± 1 minggu. Setelah itu Raflesia Arnoldi akan layu dan akhirnya mati.
Raflesia Arnoldi merupakan tumbuhan parasit obligat dan tinggal di dalam akar tumbuhan Liana Sp seperti tali. Sedikit informasi, selama 200an tahun tumbuh-tumbuhan dari genus Rafflesiaceae sulit diklasifikasikan karena karakteristik tubuh yang tidak umum. Berdasarkan penelitian DNA oleh para ahli botani di Universitas Harvard baru-baru ini, Raflesia Arnoldi dimasukkan ke dalam family Euphorbiaceae, satu keluarga dengan pohon karet dan singkong. Tapi hal ini masih belum terpublikasi dengan baik.

Namun sangat disayangkan karena meskipun bunga ini merupakan lambang dan menjadi kebanggaan di Bengkulu, tapi sedikit sekali orang yang peduli terhadap kelestariannya. Banyak masyarakat yang tidak ikut andil dalam menjaga habitnya sehingga bunga langka ini sangat sulit untuk mendapatkan lingkungan yang cocok untuk pertumbuhannya. Tak banyak juga masyarakat yang usil dengan keberadaan Raflesia Arnoldi sehingga tidak banyak yang menggangu dan memegang bunga ini, padahal bunga ini jika tersentuh oleh tangan atau benda keras lainnya akan cepat membusuk. Sehingga untuk menjaga Bunga ini, maka disekeliling bunga ini dipagari dengan pagar bambu oleh masyarakat. Masyarakat yang menemukan pertama kali saat bunga ini masih dalam bentuk bonggol akan merawat dan menjaga bunga ini hingga mekar, biasanya setiap penggunjung yang datang akan memberikan sumbangan sukarela. Hampir setiap tahunnya di daerah Taba Penanjung ditemukan Raflesia Arnoldi mekar.

di tulis oleh Halifah

staf GIS Ulayat

3 thoughts on “TANAMAN TINGKAT TINGGI “RAFLESIA ARNOLDI

  1. tanpa maksud menggurui, agar anda lebih mengenal rafflesia dengan baik agar anda membuka blog saya ini http://rafflesia-flowers.blogspot.com apakah benar menurut opini anda ini tumbahan tingkat tinggi,? di blog ini anda akan meneukan dari penelitian DNA hingga ditemukannya klasifikasi terbaru untuk rafflesia berikut berbagai jenis rafflesia yang pernah di temukan di muka bumi. Bila seperti yang anda sebutkan di artikel di atas sudi kiranya anda mengirim dokumentasi photo atau video rafflesia arnoldii yang anda penulis sebut banyak di dokumentasi untuk di publikasi ulang di blog saya, agar bengkulu emang bisa go internasional. terimakasih sebelumnya bila penulis bersedia untuk menyumbang dokumentasinya.
    Selama ini di luar negeri bengkulu tidak sepopuler seperti yang anda maksud, karena eco wisata rafflesia telah mendulang sangat banyak keuntungan buat malaysia dan pilipina termasuk thailand, tapi indonesia atau bengkulu khususnya bagaimana? yah menurutku hanya berkoar koar saja, yah kita kita ini yang memulainya tapi dengan memberikan data yang benar.
    Saya appreciate dengan blog anda tapi mungkin hal yang datanya udah gak signifikan lagi mungkin perlu di ubah. Selain itu di discovery channel dan national geoghrapic channel dokumenter rafflesia arnoldi sendiri di dokumentasi dari hutan belantara borneo (kalimantan), karena arnoldi juga pernah ditemukan disana, nah bila sekarang di bengkulu banyak tumbuh kenapa gak di dokumentasi dengan baik, blog saya siap menampung dan ikut andil mempublikasinya. salam dari rantau

    tun jang

  2. aku cuma berharap tolong kita jaga baik2 tanaman kebanggaan bengkulu ini karena dengan bunga ini Bengkulu bisa dikenal masyarakat tidak hanya di Indonesia tp jg seluruh Dunia , dan untuk pemerintah tolong bunga ini dipromosikan dgn baik sbagai tujuan utama wisata bengkulu .

    karena jika tidak dipromosikan maka pihak lain akan mempromosikannya terlebih dahulu seperti yg sudah dilakukan oleh Pemerintah Malaysia yg mempromosikan Bunga Raflesia sbagai Tanaman khas Malaysia dlm promosi iklan pariwisata Mereka .
    Terimakasih …. wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s